RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam Basa
Sub Materi Pokok : Menemukan sifat larutan berdasarkan konsep
asam basa.
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 1)
1.
Tujuan Pembelajaran
·
Menyebutkan
pengertian asam dan Basa menurut
Arhenius
·
Menuliskan
beberapa nama asam kuat dan asam lemah
·
Mendiskusikan
beberapa basa kuat dan basa lemah
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
mencari benda benda yang bersifat asam dan menyebutkan ciri-cirinya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Diberikan
larutan asam cuka dan jeruk mipis, siswa diminta menyerbutkan ciri-cirinya
·
Asam adalah zat yang bila dilarutkan kedalam air akan
menghasilkan ion hidronium (H+) menurut Svante Arhenius
·
Diberikan contoh asam monoprotik yang melepaskan satu
ion H+
HF asam fluorida HClO4 asam perklorat
HBr asam bromida HNO2 asam
nitrit
·
Diberikan contoh asam monoprotik yang melepaskan
dua ion H+
H2SO4(aq) à H+
(aq) + HSO4-(aq)
HSO4-(aq) à H+
(aq) + SO42-(aq)
H2 SO3 asam sulfite H2PbO2 asam plumbit
H2CO3 asam karbonat H2PbO3 asam plumbat
·
Diberikan
contoh asam poliprotik, yaitu asam yang melepaskan 3 atom H+
·
Siswa
mengamati Sabun, contoh basa dan menyebutkan ciri-cirinya
·
Pengertia Basa menurut Arhenius adalah ” Zat yang dalam air dapat
memberikan ion hidroksida (OH-)
Diberikan contoh basa yitu KOH Kalium
hidroksida dan Ca(OH)2 Kalsium hidroksida
·
Menyebutkan senyawa ampoter, yatu senyawa yang dapat
bersifat asam dan bersifat basa
Asam stanit H2SnO2 Sn(OH)2 Stanum
(II) Hidroksida
Asam stanat H2SnO3 Sn(OH)4 Stanum
(IV) Hidroksida
·
Siswa
mencari dibuku dan internet contoh senyawa asam dan basa
·
Siswa siswa
mencari beberapa contoh senyaw ampoter melalui penugasan dengan internet
|
75
menit
|
·
Siswa
menyimpulkan pengertian asam
menurut Arhenius dan menyebutkan contohnya
·
Siswa
menyimpulkan pengertian basa menurut Arhenius dan menyebutkan beberapa
contohnya
·
Siswa
mencari tahu tentang kekuatan asam dan basa untuk pertemuan berikutnya
|
5
menit
|
|
Penilaian
|
1. Sikap
: Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa
yang aktif dalam diskusi kelompok
|
2.
Media dan
Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan
Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia
kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam dan Basa
Sub Materi Pokok : Kekuatan asam kuat dan asam lemah
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 2)
1.
Tujuan Pembelajaran
·
Menentukan
rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·
Menentukan
rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·
Menghitung
pH asam kuat dan asam lemah berdasarkan data hasil percobaan
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
tentang asam dan basa menurut Arhenius
|
10
menit
|
|
Kegiatan Inti
|
·
Diberikan
rumus kesetimbangan air dan menentukan harga konsentrasi ion H+
dan OH-
·
Kw = 1,0 x 10-14, dari persamaan ionisasi air terlihat bahwa jumlah ion H+
dan ion OH- sama banyaknya, jadi [H+] =[OH-],
dengan demikian, Kw=[H+] [OH-]= 10-14,
sehingga [H+]2 = [OH-]2=10-14
Atau [H+] =
[OH-] =
·
Mencari
tetapan ionisasi asam lemah dan asam kuat
Derajat ionisasi (
·
Jumlah
iont [H+]= a Ma, a jumlah ion H+ dan
Ma= konsentrasi asam kuat
Ket : Ka = tetapan
asam lemah, Ma = Konsentrasi asam lemah
·
Siswa
mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion[ H+ ] asam
kuat dan asam lemah
·
Siswa
siswa mencari beberapa contoh asam kuat dan asam lemah di interner denan
penugasan
|
75
menit
|
|
·
Siswa
menyimpulkan pengertian kekuatan
asam
·
Siswa
menyimpulkan rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·
Siswa
diminta membaca tentang kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah pertemuan
selanjutnya
|
5
menit
|
||
Penilaian
|
1. Sikap
: Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa
yang aktif dalam diskusi kelompok
|
3.Media dan Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan
Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan
SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam dan Basa
Sub Materi Pokok : Kekuatan basa kuat dan basa lemah
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 3)
2.
Tujuan Pembelajaran
·
Menentukan
rumus kekuatan basa kuat dan basa lemah
·
Menentukan
rumus kekuatan basa kuat dan basa lemah
·
Menghitung
pH basa kuat dan basa lemah berdasarkan data hasil percobaan
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
||||||||||||||||
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
tentang kekuatan asam kuat dan asam lemah
|
10
menit
|
||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
·
Diberikan
rumus mencari jumlah ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Sedangkan
untuk mencari jumlah ion OH- dalam basa lemah yaitu
·
Beberapa
contoh basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
siswa mencari beberapa contoh OH-
untuk basa kuat dan basa lemah di interner dengan penugasan
|
75
menit
|
||||||||||||||||
·
Siswa
menyimpulkan pengertian kekuatan
basa
·
Siswa
menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
diminta membaca tentang PH asam kuat dan asam lemah untuk pertemuan selanjutnya
|
5
menit
|
|||||||||||||||||
Penilaian
|
1. Sikap
: Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa
yang aktif dalam diskusi kelompok
|
3.Media dan Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia
kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam dan Basa
Sub Materi Pokok : Menentukan PH larutan Asam dan Basa
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 4)
3.
Tujuan Pembelajaran
·
Menentukan
pH larutan Asam Kuat dan Asam Lemah
·
Menghitung
pH Asam dan basa berdasarkan data hasil
percobaan
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
tentang penentuan konsentrasi ion H+ dan OH- asam dan
basa
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Diberikan
rumus mencari pH larutan asam kuat dan asam lemah
pH = -log [H+] , dimana [H+] = konsentrasi ion
hidrogen dalam larutan asam
1.
100 ml
HCl 0,01 M
Jawab :
HCl à H+ +
Cl-
a =
1 Ma = 0,01 M = 10-2
[H+]=a
Ma = ………x………= ………….M
pH = -log
[H+] = ..............=......................
2.
100 ml H2SO4
0,005 M
Jawab :
H2SO4 à 2H+ + SO42-
a= 2 Ma =
0,005
[H+]=a
Ma = ………x………= ………….M
pH = -log
[H+] = ..............=......................
3.
Terdapat 100 ml larutan CH3COOH 0,1 M, yang
memiliki Ka = 3,6 x 10-5, tentukan [H+] dan
Jawab : Ka =………………, Ma =
……………………
a.
·
Siswa
mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion pH untuk basa kuat dan asam lemah
·
Siswa
siswa mencari beberapa contoh mencari
pHuntuk asam kuat dan asam lemah di internet dengan penugasan
|
75
menit
|
·
Siswa
menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·
Siswa
menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
diminta membaca tentang PH basa kuat
dan basa lemah untuk pertemuan
selanjutnya
|
5
menit
|
|
Penilaian
|
1. Sikap
: Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa yang
aktif dalam diskusi kelompok
|
3.Media dan Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan
Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia
kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam dan Basa
Sub Materi Pokok : Menentukan PH larutan Asam dan Basa
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 5)
4.
Tujuan Pembelajaran
·
Menentukan
pH larutan Asam Kuat dan Asam Lemah
·
Menghitung
pH Asam dan basa berdasarkan data hasil
percobaan
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
tentang penentuan konsentrasi ion H+ dan OH- asam dan
basa
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Diberikan
rumus mencari pOH larutan Basa kuat
dan basa lemah
pOH = -log [OH-]
, dimana [OH-] = konsentrasi ion hidroksida dalam larutan
basa
pH = 14 - pOH
1.
Tentukan [OH-] untuk basa kuat berikut :
100
ml NaOH 0,1 M
NaOHàNa+ + OH- b = 1
, Mb = 0,1 M
[OH-] = b . Mb
=
..............x............=.................
pOH = - log[OH-] =
......................, pH = 14 – pOH = .............................
2.
Terdapat 100 ml larutan NH4OH 0,1 M, Jika
Kb=10-7, tentukan konsentrasi ion OH- dan
Dik : Mb = 0,1 M, Kb =
10-18
(OH-) =
3.
Suatu basa lemah LOH 0,1 M dalam air terionisasi 20 %,
tentukan konsentrasi ion OH- dan Kb !!!
Mb = 0,1 M,
[OH-] =
·
Siswa
mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
siswa mencari beberapa contoh OH-
untuk basa kuat dan basa lemah di internet dengan penugasan
|
75
menit
|
·
Siswa
menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·
Siswa
menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
diminta membaca tentang PH basa kuat
dan basa lemah untuk pertemuan
selanjutnya
|
5
menit
|
|
Penilaian
|
1. Sikap
: Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa
yang aktif dalam diskusi kelompok
|
3.Media dan Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan
Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia
kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Asam dan Basa
Sub Materi Pokok : Asam basa menurut Bronstead Lowry dan Lewis
Alokasi Waktu : 90 menit ( Pertemuan ke- 6)
5.
Tujuan Pembelajaran
·
Mencari
pengertian asam dan basa menurut terori Bronsted
·
Mencari
pengertian asam dan basa menurut Lewis
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
·
Apersepsi
tentang penentuanasam basa menurut Arhenius
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan
Lowry
·
Menurut Bronsted-Lowry, dalam reaksi
yang melibatkan transfer proton, asam adalah spesi yang bertindak sebagai donor proton,
sedangkan basa adalah spesi yang bertindak sebagai akseptor proton.
NH3(aq) + H2O(
Basa asam asam basa
NH3 + HSO4 -
Basa asam asam basa
·
Pengertian asam dan basa menurut Lewis
·
Menurut Lewis, asam adalah spesi yang bertindak sebagai akseptor pasangan elektron
bebas dari spesi lain membentuk ikatan kovalen koordinasi.
·
Basa adalah spesi yang bertindak sebagai donor pasangan elektron bebas
kepada spesi lain membentuk ikatan kovalen koordinat.
Na2O(s) +
SO3(g) → Na2SO4(s)
·
Siswa mengerjakan latihan soal mencari
konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa siswa mencari beberapa contoh OH-
untuk basa kuat dan basa lemah di
internet dengan penugasan
|
75
menit
|
·
Siswa
menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·
Siswa
menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·
Siswa
diminta membaca tentang PH basa kuat
dan basa lemah untuk pertemuan
selanjutnya
|
5
menit
|
|
Penilaian
|
1. Sikap : Siswa yan aktif mengerjaan
soal
2. Pengetahuan
: Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan
: Pemberian nilai untuk siswa
yang aktif dalam diskusi kelompok
|
3.Media dan Sumber Belajar
a. Media : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar : 1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri
2 Cikampek
2. Buku Kimia
kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
3.
Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
Cikampek,
22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah Iin
Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001 NIP.197104142005011011