Minggu, 23 Februari 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam Basa
Sub Materi Pokok                                :  Menemukan sifat larutan berdasarkan konsep asam basa.
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 1)

1.         Tujuan Pembelajaran
·         Menyebutkan pengertian asam dan Basa  menurut Arhenius
·         Menuliskan beberapa nama asam kuat dan asam lemah
·         Mendiskusikan beberapa basa kuat dan basa lemah
   2.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi mencari benda benda yang bersifat asam dan menyebutkan ciri-cirinya

10 menit
Kegiatan Inti

·         Diberikan larutan asam cuka dan jeruk mipis, siswa diminta menyerbutkan ciri-cirinya
·          Asam adalah zat yang bila dilarutkan kedalam air akan menghasilkan ion hidronium (H+) menurut Svante Arhenius
·          Diberikan contoh asam monoprotik yang melepaskan satu ion H+
                   HF         asam fluorida             HClO4       asam perklorat
                   HBr        asam bromida            HNO2        asam nitrit
·          Diberikan contoh asam monoprotik yang melepaskan dua  ion H+
H2SO4(aq)    à   H+ (aq)  + HSO4-(aq)
HSO4-(aq)    à   H+ (aq)  + SO42-(aq)
                  H2 SO3     asam sulfite                               H2PbO2      asam plumbit
                  H2CO3     asam karbonat           H2PbO3      asam plumbat
·         Diberikan contoh asam poliprotik, yaitu asam yang melepaskan 3 atom H+
·         Siswa mengamati Sabun, contoh basa dan menyebutkan ciri-cirinya
·          Pengertia Basa menurut Arhenius adalah ” Zat yang dalam air dapat memberikan ion hidroksida (OH-)
Diberikan contoh basa yitu  KOH  Kalium hidroksida dan  Ca(OH)2    Kalsium hidroksida
·          Menyebutkan senyawa ampoter, yatu senyawa yang dapat bersifat asam dan bersifat basa
Asam stanit               H2SnO2                         Sn(OH)2                     Stanum (II) Hidroksida
Asam stanat              H2SnO3                      Sn(OH)4                       Stanum (IV) Hidroksida
·         Siswa mencari dibuku dan internet contoh senyawa asam dan basa
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh senyaw ampoter melalui penugasan dengan internet

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan pengertian asam menurut Arhenius dan menyebutkan contohnya
·         Siswa menyimpulkan pengertian basa menurut Arhenius dan menyebutkan beberapa contohnya
·         Siswa mencari tahu tentang kekuatan asam dan basa untuk pertemuan berikutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

2.         Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia
                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam dan Basa
Sub Materi Pokok                                :  Kekuatan asam kuat dan asam lemah
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 2)

1.         Tujuan Pembelajaran
·         Menentukan rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·         Menentukan rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·         Menghitung pH asam kuat dan asam lemah berdasarkan data hasil percobaan
   2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi tentang asam dan basa menurut Arhenius

10 menit
Kegiatan Inti

·         Diberikan rumus kesetimbangan air dan menentukan harga konsentrasi ion H+ dan OH-
·          Kw = 1,0 x 10-14, dari persamaan  ionisasi air terlihat bahwa jumlah ion H+ dan ion OH- sama banyaknya, jadi [H+] =[OH-], dengan demikian, Kw=[H+] [OH-]= 10-14, sehingga [H+]2 = [OH-]2=10-14
Atau   [H+]  =  [OH-] = =10-7
·         Mencari tetapan ionisasi asam lemah dan asam kuat
Derajat ionisasi ( ) =

·          Jumlah iont [H+]= a Ma, a jumlah ion H+   dan  Ma= konsentrasi asam kuat

Jumlah ion iont [H+] asam lemah

Ket : Ka = tetapan asam lemah, Ma = Konsentrasi asam lemah
·         Siswa mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion[ H+ ] asam kuat dan asam lemah
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh asam kuat dan asam lemah di interner denan penugasan

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan pengertian kekuatan asam
·         Siswa menyimpulkan rumus kekuatan asam kuat dan asam lemah
·         Siswa diminta membaca tentang kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah pertemuan selanjutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

3.Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia

                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam dan Basa
Sub Materi Pokok                                :  Kekuatan basa kuat dan basa lemah
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 3)

2.         Tujuan Pembelajaran
·         Menentukan rumus kekuatan basa kuat dan basa lemah
·         Menentukan rumus kekuatan basa kuat dan basa lemah
·         Menghitung pH basa kuat dan basa lemah berdasarkan data hasil percobaan
   2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi tentang kekuatan asam kuat dan asam lemah

10 menit
Kegiatan Inti

·         Diberikan rumus mencari jumlah ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah

[OH-] = b.Mb

b = jumlah ion OH-
Mb = konsentrasi laruta basa kua
 



·         Sedangkan untuk mencari jumlah ion OH- dalam basa lemah yaitu


b    =   jumlah ion OH-
Ka =   tetapan basa lemah
 



·         Beberapa contoh basa kuat dan basa lemah
Basa Kuat
Basa Lemah
Rumus Kimia
Nama
Rumus Kimia
Nama
NaOH
Ca(OH)2
Mg(OH)2
Ba(OH)2
Sr(OH)2
Natrium Hidroksida
Kalsium Hidroksida
Magnesium Hidroksida
Barium Hidroksida
Stronsium Hidroksida
NH3
NH2OH
Al(OH)3
Fe(OH)2
Amonia
Hidroksiamin
Alumunium Hidroksida
Besi (II) Hidroksida
·         Siswa mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh OH- untuk basa kuat dan basa lemah  di interner dengan penugasan

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan pengertian kekuatan basa
·         Siswa menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa diminta membaca tentang PH asam kuat dan asam lemah untuk pertemuan selanjutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

3.Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia

                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam dan Basa
Sub Materi Pokok                                :  Menentukan PH larutan Asam dan Basa
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 4)

3.         Tujuan Pembelajaran
·         Menentukan pH larutan Asam Kuat dan Asam Lemah
·         Menghitung pH Asam dan basa  berdasarkan data hasil percobaan
   2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi tentang penentuan konsentrasi ion H+ dan OH- asam dan basa

10 menit
Kegiatan Inti

·         Diberikan rumus mencari pH larutan asam kuat dan asam lemah
pH = -log [H+]  , dimana [H+] = konsentrasi ion hidrogen dalam larutan asam

1.        100 ml HCl 0,01 M
Jawab :   HCl  à H+     +  Cl-
                                          a =   1     Ma = 0,01 M = 10-2
                [H+]=a Ma = ………x………= ………….M
pH = -log [H+] = ..............=......................

2.        100 ml H2SO4 0,005 M
Jawab :  H2SO4 à 2H+    + SO42-
                                               a= 2     Ma =  0,005
                [H+]=a Ma = ………x………= ………….M
pH = -log [H+] = ..............=......................
3.        Terdapat 100 ml larutan CH3COOH 0,1 M, yang memiliki Ka = 3,6 x 10-5, tentukan [H+] dan  !!
Jawab : Ka =………………, Ma = ……………………
a.    =…………………b.   = =……………………
·         Siswa mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion pH untuk basa kuat dan asam lemah
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh mencari pHuntuk asam kuat dan asam lemah  di internet dengan penugasan

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·         Siswa menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa diminta membaca tentang PH basa  kuat dan basa  lemah untuk pertemuan selanjutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

3.Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia

                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam dan Basa
Sub Materi Pokok                                :  Menentukan PH larutan Asam dan Basa
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 5)

4.         Tujuan Pembelajaran
·         Menentukan pH larutan Asam Kuat dan Asam Lemah
·         Menghitung pH Asam dan basa  berdasarkan data hasil percobaan
   2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi tentang penentuan konsentrasi ion H+ dan OH- asam dan basa

10 menit
Kegiatan Inti

·         Diberikan rumus mencari pOH larutan  Basa kuat dan basa lemah
pOH = -log [OH-]  , dimana [OH-]  = konsentrasi ion hidroksida dalam larutan basa
pH = 14 - pOH
1.        Tentukan [OH-] untuk basa kuat berikut :
                  100 ml NaOH 0,1 M
                   NaOHàNa+  + OH-        b = 1   , Mb = 0,1 M
                   [OH-]  = b . Mb =  ..............x............=.................
                   pOH = - log[OH-]  = ......................, pH = 14 – pOH = .............................

2.        Terdapat 100 ml larutan NH4OH 0,1 M, Jika Kb=10-7, tentukan konsentrasi ion OH- dan !!
Dik : Mb = 0,1 M, Kb = 10-18
(OH-) = =........................, = =………………………
3.        Suatu basa lemah LOH 0,1 M dalam air terionisasi 20 %, tentukan konsentrasi ion OH- dan Kb !!!
Mb = 0,1 M, =20% 
      [OH-] =  x Mb = ..............................., Kb = 2. Mb =..........................

·         Siswa mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh OH- untuk basa kuat dan basa lemah  di internet dengan penugasan

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·         Siswa menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa diminta membaca tentang PH basa  kuat dan basa  lemah untuk pertemuan selanjutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

3.Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia

                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 2 Cikampek
Mata Pelajaran                                    :  Kimia
Kelas/Semester                                   :  XI / Genap
Materi Pokok                                        :  Asam dan Basa
Sub Materi Pokok                                :  Asam basa menurut Bronstead Lowry dan Lewis
Alokasi Waktu                                      :  90 menit ( Pertemuan ke- 6)

5.         Tujuan Pembelajaran
·         Mencari pengertian asam dan basa menurut terori Bronsted
·         Mencari pengertian asam dan basa menurut Lewis
   2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
·         Apersepsi tentang penentuanasam basa menurut Arhenius

10 menit
Kegiatan Inti

·         Pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
·         Menurut Bronsted-Lowry, dalam reaksi yang melibatkan transfer proton, asam adalah spesi   yang bertindak sebagai donor proton, sedangkan basa adalah spesi yang bertindak sebagai akseptor proton.
                   NH3(aq)            +          H2O( )           NH4+(aq)        +                 OH(aq)
                     Basa                              asam                      asam                               basa

                     NH3         +       HSO4 ­­-                    SO42–     +         NH4+
                    Basa                    asam                            asam                   basa
·         Pengertian asam dan basa menurut Lewis
·         Menurut Lewis, asam adalah spesi yang bertindak sebagai akseptor pasangan elektron bebas dari spesi lain membentuk ikatan kovalen koordinasi.
·         Basa adalah spesi yang bertindak sebagai donor pasangan elektron bebas kepada spesi lain membentuk ikatan kovalen koordinat.
               Na2O(s)      +       SO3(g)   →       Na2SO4(s)

·         Siswa mengerjakan latihan soal mencari konsentrasi ion OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa siswa mencari beberapa contoh OH- untuk basa kuat dan basa lemah  di internet dengan penugasan

75 menit
  
·         Siswa menyimpulkan rumusan mencari pH asam kuat dan asam lemah
·         Siswa menyimpulkan rumus kekuatan OH- untuk basa kuat dan basa lemah
·         Siswa diminta membaca tentang PH basa  kuat dan basa  lemah untuk pertemuan selanjutnya
5 menit
Penilaian
1. Sikap               : Siswa yan aktif mengerjaan soal
2. Pengetahuan   : Tes tertulis diakhir KD
3. Keterampilan   :  Pemberian nilai untuk siswa yang aktif dalam diskusi kelompok

3.Media dan Sumber Belajar
a. Media                 : Infokus, Internet, Papan Tulis
b. Sumber Belajar :  1. Modul Bahan Ajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Cikampek   
                                 2. Buku Kimia kelas XI di Perpustakaan SMA Negeri 2 Cikampek
                                              3. Internet tentang kesetimbangan kimia di Google dan Wikipedia

                                         
                                                                                                                                             Cikampek, 22 Januari 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Dra.Hj.Dida Siti Sa’adah                                                                                                        Iin Hidayat, S.Pd
NIP.196804131992122001                                                                                                   NIP.197104142005011011